You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
BPBD Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan dengan Pelatihan Bersertifikasi Internasional
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

BPBD Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan dengan Pelatihan Bersertifikasi Internasional

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengikuti pelatihan Urban Search and Rescue (USAR) bersertifikasi internasional di Pusdiklat Jakarta Rescue Training Center, Citeko, Cisarua, Bogor mulai 18 hingga 24 September 2024.

" Lewat pelatihan bersertifikasi ini, kami berharap bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas,"

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Jakarta Rescue Training Center ini merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan kapasitas tim penyelamatan.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas dan kesiapsiagaan tim dalam menanggapi potensi bencana, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

BPBD DKI Luncurkan Tiga Buku Cerita Mitigasi Gempa Bumi

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan kesiapan tim kami dalam menyelamatkan nyawa. Lewat pelatihan bersertifikasi ini, kami berharap bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas,” ujar Isnawa, Selasa (24/9).

Pelatihan yang berlangsung selama satu minggu tersebut, melibatkan instruktur dari PUI (Pompiers d'Urgence Internationale) Perancis. Materi pelajaran meliputi berbagai aspek penting seperti pencarian dan penyelamatan (search and rescue), pengobatan (medic), logistik dan penggunaan drone dalam kondisi bencana.

“Selain teori, peserta juga terlibat dalam simulasi pencarian korban bencana gempa bumi, guna memperkuat pemahaman dan kemampuan praktis mereka,” ucapnya.

Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini tidak hanya dari BPBD DKI Jakarta, namun juga dari berbagai lembaga lain seperti UAR (Ukhuwah Al-Fatah Rescue), Wanadri, PK3D, dan RS Carolus. Kegiatan ini juga terbuka bagi lembaga atau individu yang ingin meningkatkan kapasitas dalam penanganan bencana.

Isnawa menambahkan, pelatihan USAR bersertifikasi internasional ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam sistem penanganan bencana di DKI Jakarta, sehingga mitigasi bencana dapat dilakukan dengan lebih efektivitas dan banyak nyawa dapat diselamatkan.

Isnawa mengimbau kepada masyarakat Jakarta untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana.

“Kami berupaya untuk selalu siap siaga, namun partisipasi dan kesadaran masyarakat juga sangat penting. Kami mengimbau kepada siapapun yang menemukan atau mengalami keadaan darurat untuk segera menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1244 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1135 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1044 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1034 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. 560 Satpol PP Jaktim Siap Bantu Amankan Pilkada DKI

    access_time27-09-2024 remove_red_eye921 personNurito